Pengerjaan Atap Baja Ringan

Tahapan pengerjaan atap baja ringan
Pada pekerjaan rangka baja ringan, usahakan lah dengan mengunakan produk baja ringan yang telah memiliki standar ISO dengan mengunakan tenaga-tenaga yang sudah ahli dan berpengalaman pada pemasangan rangka baja ringan. Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.
Denah Rangka Atap
Denah Raangka Atap Baja Ringan

Spesifikasi bahan yang digunakan diantaranya :
  • C.75.100 untuk Top Chord dan Bottom (tebal : 1 mm); C.75.75 untuk Web (tebal 0,75 mm); TCT 0,6 untuk reng (tebal 0,6 mm); Bx untuk Buildex Serew.
Spesifikasi Bahan :
  1. Bahan mutu tinggi (Light Gauge Higt Tensile Steel) tipe G.550, dengan criteria, Kekuatan leleh minimum 550 Mpa (minimum), tegangan maxsimum 550 Mpa (minimum), Modulus elastisitas 200.000 Mpa ( minimum), Modulus geser 80.000 Mpa (minimum)
  2. Lapisan anti karat Hot Deep Galva nized, dengan criteria :, Kelas Z 22, Kadar 220 g/m2
  3. Bentuk bahan, dengan kriteria. Profil Z, tebal 0,8 dan 1 mm, tinggi profil 95 mm, lebar flens 33 mm, digunakan untuk batang utama ( Top - Chord dan Bottom Chord) kuda-kuda, Profil C, tebal 0,8 mm, tinggi profil 65 mm, lebar flens 26 mm, digunakan untuk batang pengisi (webs), Profil W, tebal 1 mm, tinggi profil 75 mm, lebar flens 40 mm, digunakan untuk Top plate, Walling Plate    (dudukan kuda-kuda sekeliling ring balok). Profil Ω (omega), tebal 0,5 mm, tinggi profil 45 mm, lebar flens 27 mm, digunakan untuk Battens Reng, BottomChord Bracing, Diagonal Web Bracing, Leteral Tie.
  4. Self Drilling Screw by Steelfix ex ITW, dengan kriteria. Panjang (termasuk kepala baud) 16 mm. Kepadatan alur 16 mm, Diameter badan dengan alur 4,8 mm, Diameter badan tanpa alur 3,8 mm.
  5. Connector lain, Multigrip Nail (MGN) sebagai connector kuda-kuda dengan Top Plate, Dynablot sebagai connector Top Plate dengan ring balok, Strapbrace sebagai pita baja pengikat antar kuda-kuda bagian atas (semacam trekstang).
Spesifikasi Teknik
Seluruh rangkaian baja ringan prefrabikasi memiliki kriteria :   
- Full Top Plate sekeliling ring balok sebagai tumpuan kuda-kuda.
- Bottom Chord Bracing  pengikat bottom chord kuda-kuda sebagai penyalur daya horizontal.
- Lateral Tie pengikat webs sebagai penyalur gaga vertical yang diterima di batang webs.
- Diagonal Web Bracing atau disebut ikatan angin.
- Top Chord Restraint/Battens/Reng sebagai pengikat akhir bagian atas kuda-kuda.

Spesifikasi Lain
- Semua kuda-kuda dibuat dan dirangkai di pabrik dengan mesin khusus.
- Didesain dengan program computer dengan standard internasional.
- Garansi yang diberikan adalah 5 tahun.
- Pemakaian kuda-kuda baja ringan disesuaikan dengan gambar pelaksanaan untuk jenis dan typenya.

Pekerjaan Penutup Atap
Bahan penutup atap dari genteng metal dengan kwalitas baik. Untuk seluruh bangunan harus mengunakan bahan penutup yang sama dan satu produk. Bahan cacat dan retak-retak tidak diperbenarkan untuk dipakai.
Sebelum pemasangan  bahan penutup dilaksanakan, harus di dek kemiringan dan keberatan rangka atap, sehingga diperoleh bidang yang rata.
Pemasangan penutup atap bagian bubungan harus menggunakan bahan yang sama dan serasi dengan atapnya.

Pekerjaan Plafond
Rangka plafond mengunakan kayu gunung kelas II dan plafond menggunakan plafond GRC dengan ukuran 120x240 cm tebal 9 mm. Pemasangan rangka plafond diwajjibkan lurus dan rata dengan jarak interval kaso-kaso tidak terlalu jauh. Pemasangan plafond GRC diharuskan rata dengan pemakaian dempul plafond diantara pasangan kalsiboard, diampelas dan dicat dengan cat plafond. Itulah bahasan pengerjaan atap baja ringan, untuk posting selanjutnya adalah Pengerjaan Kusen, Jendela dan Pengecetan