Desain Kreatif Interior Ruangan Kecil Apartemen

Tips mensiasati ruangan yang sempit atau ruangan apartement

Mendesain apartemen dengan lahan terbatas, haruslah kita berkreativitas karena memanfaatkan lahan yang serba terbatas. Mahalnya harga tanah dan terbatasnya lahan, khususnya di kota-kota besar, tak ayal mendorong masyarakat untuk membeli apartemen. Hanya saja, ruang yang tersedia di apartemen tidak seluas rumah landed house. Apalagi, untuk menata hunian dengan luasan yang tebatas seperti apartemen bukanlah perkara mudah. Ini butuh kreativitas dan ide-ide khusus nan cemerlang.
Sementara itu keterbatasan ruang seringkali menjadi penghalang untuk memperoleh pengaturan ruang yang optimal tetapi, pada dasarnya hunian haruslah dapat memberi kenyamanan dan sanggup menampung setiap aktivitas penghuninya. Intinya, rumah harus menjadi cermin dari kehidupan dari jati diri dari si penghuni.
Sampel Desain Apartemen
Sampel Gambar Ruang Apartemen


Hunian haruslah mempunyai zoning atau pengaturan lay out sesuai dengan banyaknya fungsi pokok yang dibutuhkan penghunni. Sebaliknya, pemilik hunian memilih dan memprioritaskan fungsi pokok yang dibutuhkan. Misalnya, fungsi yang dibutuhkan mahasiswa dan busines man tentu berbeda.
Makanya, penataan zoning-nya menjadi berbeda.
Pembagian zonig ini pun harus dipikirkan matang-matang. Semakin banyak fungsi ruang, maka akan semakin banyak pula pembagian lay out-nya. Maka dari itu, sedapat mungkin fungsi-fungsi yang masih bisa digabungkan, dijadikan di dalam satu zona, seperti ruang keluarga dan ruang tamu. Atau bisa juga beberapa ruangan sengaja dibuat terbuka. Pembatasan ruang hanya berupa perbedaan ketinggian lantai atau flapon.
Sebagai contoh adalah penataan interior di salah satu unit Apartemen Bellagio, jakarta, ini. Saat memasuki ruang ini akan terlihat jelas penggabungan zoning antar ruang keluarga, ruang tamu dan ruang makan yang dijadikan menjadi satu zona.
Dengan adanya penyatuan ketiga ruang ini, maka akan meminimalkan pengunaan dinding pembatas. Hal ini ruang menjadi terasa luas dan mudah dicapai. Sementara warna yang dipakai dominan krem, juga ikut mendukung kesan luas dan hangat. Tetapi warna tersebut haruslah diimbangi pula dengan pemakaian warna yang masih beruntun dengan kream, yaitu coklat tua dan oranye sebagai focal poin.

Kesan luas dan nyaman juga akan didapat dengan mengunakan cermin pada sisi meja makan. Lalu yang juga harus perlu diperhatikan adalah pemilihan bentuk furnitur. Sebaiknya furnitur yang dipakai dominan line dan tidak masif.


Sampel Interior Kreatif
Desain Interior Kreatif Ruang Apartemen


Menyiasati Ruang Terbatas
Menyiasati Ruangan Terbatas
Menyiasati ruang terbatas, dapur dengan meja makan sebagai peyekat ruang santai keluarga, meja tersebut sangat fungsional di dalamnya bisa dijadikan tempat penyimpanan, ruang keluarga didesain lesehan dengan rak TV minimalis ukuran pendek, menyatu dengan ruang tamu. walaupun ruangan tersebut masih dalam tahap penataan, tujuannya hanya sebatas gambaran mefungsionalkan ruangan terbatas.



Dekorasi Ruang Tamu
Penataan Kreatif Ruangan Sempit
Keterbatasan ruangan menjadikan ruang tamu menyatu degan ruang santai, hanya dengan sekat lemari terbuka sebagai pemisah dengan ruang dapur.