Tips Dapur Bersih & Sehat

Tips menata ruangan dapur

Dapur yang nyaman merupakan dapur yang praktis dan dapat mengakomodasikan semua kebutuhan memasak, Sehingga efisiensi dapur diperlukan dalam kegiatan memasak untuk menghemat pekerjaan. Selain ditata cantik, dapur juga harus sehat. Ada beberapa hal yang mesti harus diperhatikan agar aktivitas di dapur berjalan aman dan nyaman. Dapur kerap ditempatkan menyatu dengan keluarga atau ruang makan.
Alasanya, untuk menjalin keakraban antar angota keluarga. Namun yang harus diperhatikan adalah kemudahan akses menuju dapur mengigat frekuensi pemakaiannya yang cukup tinggi.
Pada umumnya mempunyai tiga area penting, yaitu area kerja untuk memasak dan meracik bahan masakan, area untuk menyimpan, dan area untuk mencuci pasilitas dan perlengkapan dapur hendaknya ditempatkan sesuai dengan urutan kebutuhannya dalam satu alur aktivitas. selain memudahkan aktivitas, hal ini juga dapat menghemat waktu.
Perangkat dan material 
Perangkat dan material yang digunakan hendaknya berdasar pada kemudahan pemakain dan pemasangan, kesesuaian bahan dan fungsi serta perawatannya. Seperti pada material lantai, dinding, lemari kitchen set dan meja kerja. piilih material yang tahan gores, taha panas, tahan air, tahan uap, tahan minyak, dan mudah dibersihkan jika terkena noda. Hindari finising dinding bertekstur atau plesteran kasar, karena akan memudahkan menyimpan kotoran juga sulit bila dibersihkan.

Untuk meja kerja bisa mengunakan 
  • Granit
  • Marmer
  • Kramik
  • Vinyl
  • Stainless steel.
Besaran area dapur sangat tergantung pada kebutuhan dan jenis aktivitas yang dilakukan, siapa penggunanya, jenis dan jumlah barang yang dipakai dan disimpan. Hal ini terkait dengan besarnya meja kerja, ruang penyimpanan, dan area untuk beraktivitas.

Ruangan dapur yang terbatas bisa mengunakan bentuk Single Line dan Double Line.
  • Dapur model single line berbentuk garis lurus, biasanya untuk ruangan yang memanjang dan tidak terlalu lebar.
  • Dapur model double line terletak pada sisi yang berhadap-hadapan
  • Dapur model "L" merupakan pilihan yang optimal jika ruangan yang tersedia cukup luas
  • Dapur model "U" kelebihan bentuk ini dapat memanfaatkan setiap sisi ruang yang tersedia, misalnya digabung dengan meja bar.

Sampel Ruangan Dapur Bersih
Sampel Dapur Bersih Menyatu dengan Ruangan Keluarga
Berikut ini sampel gambar di atas merupakan tata letak ruangan dapur, menyatu dengan ruang keluarga juga ruang makan.

Apapun model yanng anda pilih, dapur harus cukup penerangan, baik dari pencahayaan alami maupun buatan. Pencahayaan buatan bisa mengunakan lampu utama, spot atau lampu kerja. Permainan lampu di Meja Bar dapat menampilkan sesuatu berbeda dimalam hari. Sirkulasi dapur harus tetap diperhatikan dan dijaga, selain jendela, sebaiknya lengkapi dapur dengan penyedot uap dan asap, sehinga apabila memasak udara akan langsung kebuang, tidak meningalkan bau amis masakan.