Pengerjaan Instalasi Listrik Elektrikal

Tahapan pengerjaan instalasi listrik elektikal
Pembuatan shop drawing sebelum pekerjaan dilaksanakan. Bongkahan instalasi listrik lama dan menganti dengan isntalasi baru dengan tetap mempertahankan pembagian group seperti semula, meliputi instalasi penerangan, stop kontak termasuk bobokan dan perbaikan kembali plesteran dinding, pekerjaan pengecetan dan perapihan. Pembuatan as built drawing dan segala pekerjaan yang termasuk dalam pekerjaan.
Pekerjaan ini dilaksanakan oleh seorang ahli listrik atau pekerja PLN. Pelaksanaan pekerjaan instalasi listrik ini pada dasarnya akan memenuhi persyaratan yang dikeluarkan oleh PLN dan instalasi berwenag lainya.

Denah Instalasi Listrik
Sampel Denah Instalasi Listrik Secara Detail


Bahan / Material
Semua barang yang akan dipasang adalah barang baru.
  • Panel penerangan terbuat dari plat besi tebal 1,0 mm, dicat anti karat dan dilengkapi dengan kunci.
  • Panel penerangan akan ditahan (grounding ) dengan tahanan 5 ohm, merek yang dipakai setara Mitsubishi, BBC, MG atau Siemen.
  • Kabel Instalasi listrik. Semua instalasi kabel baru dengan kabel instalasi dipakai jenis: NYM dengan ukuran diameter sesuai gambar, sekualitas merek prima. Armatur saklar, plafon fiting lama diganti baru dengan bahan yang berkualitas.
  • Penyambungan kabel akan menggunakan terminal box dan akan dipasang inbouw. Untuk memasang instalasi yang tertanam akan dilengkapi dengan cunduit / pipa besi / PVC dengan diameter 3/8” atau sesuai dengan keperluan 
  • Saklar dan stop kontak. Ketinggian pemasangan saklar adalah ± 150 cm dari muka lantai, dan untuk stop kontak akan dipasang ± 30 cm dari muka lantai.
Yang termasuk dalam linkup pekerjaan elektrikal ini meliputi:
  1. Pekerjaan Instalasi Penerangan.
  2. Pekerjaan Instalasi Stop Kontak dan Saklar.
  3. Pekerjaan Armateur Saklar Tunggal dan Seri.
  4. Pekerjaan Armateur Stop Kontak.
  5. Pekerjaan Armateur Lampu SL 18 watt.
  6. Pekerjaan Armateur Lampu Pijar 25 watt + fitting Plafond
Yang diartikan dalam lingkup pekerjaan ini adalah dalam arti yang luas dari pengadaan, pemasangan, pengujian, percobaan dan pemeliharaan, seluruh system instalasi yang tertulis di dalam spesifikasi teknis dan gambar. Masuk pula dalam lingkup pekerjaan ini adalah pengadaan dan pemasangan seluruh peralatan, seta accessories yang mungkin secara detail tidak tergambarkan atau tidak terspesifikasikan dengan sempurna, namun merupakan komponen dari instalasi ini sebagai sesuatu system, untuk bekerja / beroprasinya dengan sempurna dan baik.
Material kabel-kabel untuk stop kontak dan titik lampu penerangan, untuk stop kontak dan titik lampu penerangan jenis kabel yang dipakai adalah jenis NYM 3x2,5 mm dengan pipa pelindungan PVC  5/8. Armateur Stop Kontak
Standard Stop kontak mengunakan standard stop kontak (IP 413)
  • Raiting tegangan : 220 V untuk I fasa.
  • Rating arus: Sesuai dengan gambar rencana (minimal 16 A).
  • Jumlah Pole: 2p  + E (I fasa).
  • Perlengkapan: Cable gland.
  • Jenis pemasangan: Inbouw atau outbow.
  • Proteksi: Dengan tutup dan Plug lockin.
  • Merek: Sekwalitas Brocco
Armateur Saklar
  • Raiting Tegangan : 220 V, 1 fasa
  • Raiting arus : Minimal 10 A
Lampu Armateur
Peralatan penerangan meliputi armatur, lampu-lampu accessories. Peralatan serta alat-alat lain yang diperlukan untuk oprasi yang lengkap dan sempurna dari semua peralatan penerangan, fixture harus seperti yang disyaratkan dan ditunjuk pada gambar-gambar.
Kualitas dan Pengerjaan
Semua material dan accessories, baik yang disebut secara maupun khusus harus dari kualitas terbaik. Armatur harus sesuai dengan gambar dan skedul, atau seperti yang disyaratkan disini. Semua armature harus buatan yang berkwaitas.
Pekerjaan Instalasi Listrik
Lingkup pekerjaan listrik meliputi pekerjaan-pekerjaan pemasangan :
  • Pengadaan dan pemasangan fixtures lampu lengkap berikut accessories terpasang (sesuai gambar).
  • Pengadaan dan pemasangan saklar dan stop kontak lengkap accessories terpasang (sesuai gambar).
  • Pengadaan dan pemasangan instalasi penerangan dan stop kontak lengkap accessories terpasang.
  • Pengadaan dan pemasangan panel penerangan, lengkap accessories terpasang.
  • Pengadaan dan pemasanganserana penunjang, conduit, dan alat bantu accessories lain-lain, untuk bekerjanya atau beroprerasinya system instalasi penerangan dan daya dengan sempurna dan baik.
  • Melakukan pengujian, trial run dan masa pemeliharaan. Setelah penkerjaan instalasi listrik, tidak meningalkan bekas-bekas bobokan atau cacat pada plafond, dinding dan lain-lain. Setelah pekerjaan instalasi tersebut harus dirapihkan kembali.
Pekerjaan pemasangan armateur
Semua armateur penerangan dan perlengkapanya harus dipasang oleh tukang yang berpengalaman dan ahli. Harus disediakan pengikat, penyangga, penantungan dan bahan-bahan yang perlu agar diperoleh hasil pemasangan yang baik. Barisan armature yang menerus harus dipasang sedemikian rupa, sehingga betul-betul lurus. Armature yang dipasang merata terhaadap permukaan (surface mounted) tidak boleh mempunyai sela-sela diantara bagian-bagian fixture dan permukan-permukaan disebelahnya. Setiap badan rumah lampu harus ditanahkan (grounded). Pada waktu diselesaikanya pemasangan armature penerangan, peralatan tersebut harus siap untuk bekerjadengan baik dan berada dalam kondisi sempurna serta bebas dari semua cacat / kekurangan. Pada pemeriksan akhir, semua armature dan perlengkapannya, harus menyala secara lengkap.

Stop Kontak
Stop kontak dipasang dengan ketinggian 35 atau 120 cm di atas permukaan lantai atau disebut lain sesuai den rencana gambar. Semua kontak harus dilengkapi dengan system pertahanan saklar. Saklar penerangan baik jenis single maupun double. Pemasangan harus memakai ring lengkap dengan kontak (stelan) yang standar.
Semua instalsi listrik yang baru harus mendapat pengesahan dari PLN atau badan resmi. Kelanjutan dari poting ini, akan membahas tentang Pengerjaan Sanita Air atau Plumbing