Tips Menata Dapur yang Sehat

Penataan dapur yang sehat akan terasa nyaman.

Dapur memiliki peranan yang penting dalam sebuah rumah. Sebagai salah satu syarat untuk menciptakan keluarga sehat. karena dapur tempat menyimpan makanan yang diperlukan bagi kehidupan penghuninya, diolah menjadi makanan yang siap untuk disajikan dan disantap. karena peranan tersebut dapur harus selalu terjaga kesehatan dan ke amanannya. Dapur yang tidak sehat akan mempermudah pertumbuhan bakteri dan virus, yang dapat meracuni makanan serta mempengaruhi kesehatan manusia penghuninya. Dapur juga sangat rentan terhadaap keamanan, karena di dalamnya terdapat berbagai peralatan , sumber daya, dan bahan bakar.
Jika kesehatan dan keamanan dapur anda tidak diperhatikan, maka dapat mengancam kesehatan keluarga anda. berikut adalah hal-hal yang harus di perhatikan untuk menciptakan dapur yang sehat dan aman di rumah anda, antara lain :
Kitchenset
Sampel Penataan Kitchnset

Penataan Ruangan Dapur
Penataan Ruangan Dapur Kecil

1. Pencahayaan

Pastikan area dapur anda cukup mendapatkan cahaya matahari. Pencahayaan alami penting peranannya bagi dapur. Selain di perlukan untuk penerangan dan membunuh bibit-bibit bakteri, juga dapat menghindarkan dapur dari binatang  penggangu. seperti, tikus, kecoa, ,semut, yang menyenagi sudut-sudut ruangan yang gelap dan lembab.
Dapur juga sebaiknya memiliki pencahayaan buatan apabila penerangan alami tidak memungkinkan karena terhalang rumah tetangga yang lebih tinggi dari rumah kita. Penerangan buatan harus memadai tidak asal cahaya,harus memadai dengan kapasitas ruangan tersebut, dan juga jangan terlalu terang hingga akan menyebabkan mata tegang dan ruangan menjadi panas.
 
2. Ventilasi Udara

Pastikan area dapur memiliki ventilasi bukan jendela atau pintu, yang baik untuk kelancaran sirkulasi udara. Bukan tidak hanya pada satu sisi saja melainkin pada dua sisi atau lebih, supaya tercipta ventilasi silang. Asap dan uap dari hasil proses memasak harus segera di alirkan keluar dan digantikan dengan udara segar. Udara yang berputar ini dimaksudkan untuk menghindari timbulnya bau tak sedap dan timbulnya keracunan gas-gas yang keluar dari asap maupun gas kompor.

Ruangan dapur sehat
Ruangan dapur dengan peneranan alami.alat asap buang sangat diutamakan, untuk penyerapan asap bau atau dari kompor gas

Ruangan dapur sederhana
Ruangan Dapur Sederhana
Pencahayaan Buatan
Ruang dapur di kasih cahaya lampu karena sedikit pentilasi alami